Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami

Friday 14 September 2018

Resep Ayam Panggang Klaten

Sudah lewat ya Idul Adha-nya. Tapi entah kenapa masih mblenger sama daging-dagingan haha, Jadi, cari-cari menu selain daging sapi atau daging kambing. Kebetulan dulu pernah nyobain ayam panggang Klaten. Tau kan, ya, kalau resep dari Jawa itu cenderung manis, Jadi, sebagai penyuka pedas, bisa dimodifikasi supaya bisa manis pedas gitu.

Masaknya agak ribet kalau untuk saya sih, karena harus diungkep dulu baru dipanggangga. Intinya dibumbu ungkepnya mah kalau resep seperti ini. Tapi, worthed kok dengan hasilnya. Eunak ...

Cusss...berikut ini bahan dan cara masaknya



Bahan-bahan:
1 ekor ayam kampung, potong 4 atau sesuai selera
Bumbu yang dihaluskan
5 bawang merah
5 bawang putih
5 kemiri
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
1 bh cabe merah besar
Bumbu keprek:
1 serai
1 jempol jahe
1 jempol lengkuas
tambahan:
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
5 sendok makan gulmerah
1 gelas belimbing air santan (boleh encer aja)
2 gelas air putih

Cara memasak: 

1.  Rebus air sampai mendidih. Masukkan semua bumbu. tunggu hingga mendidih lagi kemudian
masukkan ayam. ungkep terus sampai matang.
2.  Ketika hampir kering airnya, masukkan santan, garam, merica dan gula merah.

setelah diungkep

3. Kalau sudah matang, angkat, dan tiriskan. Bisa langsung panggang/bakar. kalau belum akan dibakar, bisa disimpan di kulkas dulu, bisa dipanggang sewaktu-waktu karena sudah berbumbu.

Semoga bermanfaat ^_^

49 comments:

  1. Waah, makasih resepnya mbak. Olahan ayam apapun emang enak. Aku penggemar ayam panggang. Semoga bisa ada kesempatan praktekin. Jadi gak beli melulu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, bikin sendiri lebih enak dan lebih sehat. Selamat mencoba

      Delete
  2. Bumbu2nya ada semua nih di ibu sayur langganan, maulah aku bikiinnnn, makasih ya share resepnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuz... bikin, Mbak. Mumpung lengkap bahannya. Selamat mencoba :)

      Delete
  3. Mirip mirip ayam bumbu bali gitu ya mbaa.... looks yummm! Makasi ya mbak resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, tapi cabenya gak pedes. Makasih juga sudah mampir ke sini. :)

      Delete
  4. hmm sepertinya enak, kapan kapan coba ah. btw aku seneng deh blog mu banyak resep resep mudah murah meriah buat penganten baru yang baru belajar hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi.... makasih Mbak. Kan yg nulis juga masih belajar, jd resepnya selalu simple dan mudah. :)

      Delete
  5. Alhamdulillah dapet resep ini. Makasih mbak. Aku suka bosen masak ayam digoreng, dibacem, diopor, gitu2 lagi. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, mumpung dpt inspirasi resep. Jd saya tulis sekalian biar gak lupa. Makasih udah mampir ya. :)

      Delete
  6. Aku sukaaaa ayam panggang Klaten! Dulu sering beli yang jual keliling tp skg sudah tak ada lagi yg keliling. Ikut nyatet resepnya ah..

    ReplyDelete
  7. Wih keliatan endeeuuss banget..
    Btw Btw ayam panggang klaten yg dimaksud anggraini bukan?

    Kalo iya, itu favorit akoohhh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan sama dengan yang dimaksud. :D

      Delete
  8. Wiiih....resepnya simpel yaaa. Tapi tampilannya menggoda. Makasih mba, bisa dipraktekkan nih

    ReplyDelete
  9. Bumbu Klaten ini khaaas ya mba. Keliatannya berbumbu sekali dan enak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... ayo Mbak dicoba aja. Kadang, makan nasi putih ama bumbunya aja saya udah rela kok.hahhaa

      Delete
  10. Oh ini yang pakai gula merah yaa, kakakku pernah mau buatin, tapi waktu itu ayam kampungnya tak ada stock. Kapan kapan pingin nyoba dong, mumpung ada stock gula merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti ayam potong juga gak papa, Mbak. Tapi rebus sebentar ya. trus cuci ayamnya. Agak gak bau ayam potong. :D

      Delete
  11. makaish banyak resepnya nanti kalau lagi rajin mau nyontohin resepnya maklum lagi PMS biasanya malas masak2 hehe

    ReplyDelete
  12. Wah enak banget nih, makannya sama nasi anget, sedaap. Aku belum pernah bikin ayam panggang, biasanya digoreng aja sih. Ntar kapan-kapan nyobain ah resepnya.

    ReplyDelete
  13. Itu ayamnya ukuran kecil ya mba, krn kulihat BM cuma 5. Coba deh aku praktekkan hari senin besok. Trus air santan diganti air kelapa bisa kah?

    ReplyDelete
  14. wow ayam panggang klaten. Ini pasti anakku ama suamiku doyan kalo dimasakin. Woke aku beli ayam dulu besok minggu kupraktekkan mba. Thanks

    ReplyDelete
  15. Makasih sharing resepnya �� tapi masalahnya saya gak bisa masak! Hahaha..

    ReplyDelete
  16. My fave! Tapi karena di jogja banyak yg jual, jadi males bikin, beli aja hahahaa

    ReplyDelete
  17. buar stok resep masakan di rumah nih. Andai boleh nyicipin dulu :)

    ReplyDelete
  18. Slurpp... Sedap ayamnya mirip gulai kalio ayam padang cuma bedanya kalau kami masak tak pakai gula merah. Hmm berasa sedap nya hihihi

    ReplyDelete
  19. Ku nggak punya gelas belimbing Mba, kra-kira berapa ml ya santannya?

    ReplyDelete
  20. Mau dipraktekkan kalau di rumah mertua aaah...

    ReplyDelete
  21. Wow, kyknya mantap nih resepnya. Terimakasih sdh berbagi ��

    ReplyDelete
  22. Wah enak ini ya resepnya suatu hari mau nyobain deh resep ayam panggang klaten ini

    ReplyDelete
  23. wah, baca pagi-pagi bikin ngiler dan ingin langsung kepasar mbak gara-gara postingan mbak ini

    ReplyDelete
  24. Nah ini yang aku cari selama ini. Pernah nyoba makan ayam panggang klaten yang dijual di pasaraya blog m eh lalu booth nya tutup entah pindah kemana. Padahal dah terlanjur suka ama ayamnya

    ReplyDelete
  25. Owww ini versi lain yg pake ketumbar ya. Biasane nek aku pakenya mung brambang bawang lombok miri dhongjeruk :) Mo nyontek yg ayam panggang klaten ini ah.

    ReplyDelete
  26. Wah harus disimpan nih resep ayam panggang klatennya. Aku paling sering masak ayam. Bosen digoreng terus.

    ReplyDelete
  27. Wah gampanh ternyata bikinnya. Cuma aku terkendala di panggangan. Kira2 kalau dipanggang di teflon gtu bisa gk ya mbak? Soalnya aku biasa manggang ikan di teflon hehe. Tapi kyke emang gk senikmat di pemanggang. Oke deh makasih ya resepnyaaa

    ReplyDelete
  28. Cuppp pokoknya save artikel ini. Besok praktek! Makasih mbaaa

    ReplyDelete
  29. Aku sekeluarga suka banget ayam panggang, makasih resepnya. Mau coba praktek ah

    ReplyDelete
  30. nyaaaammm enaaaaakkkk. Jadi ngeces buka blog ini, disuguhi ayam panggang klaten kesukaan kami sekeluarga nih. Ambil nasi panas dan siap disodori ayamnya , mba.

    ReplyDelete
  31. suamiku jawa tulennn.. kemungkinan besar doi akan sangat suka dengan resep ayam panggang klaten ini mbak, xixixi TFS yaa

    ReplyDelete
  32. Kami sering mampir RM yang nyediakan ayam panggang Klaten ini di Klaten. Kebetulan temen suami yang punya. Mau nanya resepnya ga enak sama yg punya hahaha

    ReplyDelete
  33. Duuh si mbak sukses bikin perutku kerucukan nih...sodorin nasi anget aahh..mantaap.

    ReplyDelete
  34. Baru tau aku ada ayam panggang klaten.
    Makasih udh share resepnya mba :)

    ReplyDelete
  35. Iyaa...
    Sekeluarga aku doonk ... pada ga suka daging.
    Kucedillaa...
    Aku suka banget sama daging.

    Ini resep bisa diuji coba di dapur kuu...

    ReplyDelete
  36. wowo menggoda selera banget mbakk .. aku suka olahan ayam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak... saya suka suka olahan ayam. hehehe

      Delete
  37. Resepnya sepertinya gampang nih buat praktekin di rumah. Pankapan cobaik deh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...