Tas wanita tak sudah menjadi bagian penting dari fashion kaum
wanita masa kini. Fakta tersebut tak lain merupakan hasil dari kreatifitas
serta inovasi para pengrajin.
4 Industri kreatif
yang semakin menguntungkan di era digital
Peran teknologi guna mendukung perkembangan industri kreatif juga
tak kalah besar. Para pengrajin sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam
keseharian mereka, seperti mencari referensi, promosi, bahkan memasarkan
produknya. Seperti 4 jenis industri kreatif berikut:
•
Pariwisata. Indonesia diberkati dengan
pemandangan alam yang sangat indah nan menawan. Hal tersebut sudah pasti tak
dapat disangkal. Sebut saja Bali atau Raja Ampat. Hampir setiap orang di
belahan dunia manapun tau nama kedua daerah tersebut. Padahal, masih banyak
potensi daerah lain di Indonesia yang belum dikenalkan.
•
Seni dan budaya. Daya tarik sebuah tempat wisata
tak hanya datang dari alam. Kebudayaan serta seni yang berkembang di suatu
daerah, terbukti mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional. Seperti
pada tahun 2017 lalu, ketika kota Banyuwangi menghadirkan 72 event festival
kebudayaan mereka dan sukses membuat wisatawan berbondong-bondong melihatnya.
•
Kuliner khas. Pergi berwisata, rasanya pasti
akan kurang lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas daerah wisata tersebut.
Di mana Indonesia, lagi-lagi sangat terkenal dengan ragam kuliner khasnya.
Hampir setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri. Contoh saja, siapa yang
tak mengenal dodol Garut? Atau bakpia Atom yang kini tengah hits sebagai
kuliner khas Cirebon.
• Kerajinan tangan. Tujuan utama dari kegiatan
pariwisata ialah untuk menghilangkan penat pada pikiran (refreshing), atau
mempelajari suatu kebudayaan (termasuk kuliner khas). Bila kedua hal tersebut
telah tercapai, maka sebagai pelengkapnya ialah oleh-oleh. Sebuah benda unik
yang dapat mengingatkan kita pada kenangan wisata tersebut. Kerajinan tangan
hasil kreasi masyarakat setempat adalah pilihan terbaik. Benda unik tersebut
bisa berupa aksesoris kecil, hiasan lucu, atau barang yang dapat digunakan
seperti baju dan tas.
Wanita ini capai kebebasan finansial berkat memproduksi tas
wanita unik batik kombinasi kulit
Model tas wanita terbaru
2018, saat ini sangat beragam. Terutama tas berbahan batik dan kulit.
Desain serta variasi item favorit wanita ini berkembang sangat pesat di
pasaran. Namun hal tersebut tak lantas menciutkan niat Susi untuk memproduksi
produknya sendiri.
Susi menyebutkan bahwa awal mula dia tertarik memulai bisnis ini,
ialah karena melihat potensi kain batik. Kain khas Nusantara ini memang tak
dapat dipungkiri soal unsur keindahan dan daya pikatnya. Dia mulai iseng
mengkombinasikan kain batik dengan kulit untuk membuat tas wanita dan
melabelinya dengan nama Java Ume. Kain batik yang biasa digunakan Susi biasanya
ialah batik tulis dari Yogyakarta, Madura, dan Cirebon. Selain batik, dia juga
menggunakan berbagai macam kain tenun yang berasal dari Bali, Lombok, dan
Jepara. Sementara untuk pasokan kulit, Susi memilih jenis kulit sapi dan domba
dari supplier di Jakarta.
Saat ini Java Ume
sudah memperkerjakan sekitar 10 orang karyawan dengan omzet mencapai Rp 100
juta per tahun. Tak berhenti sampai di situ, Susi juga sedang mengusahakan
untuk menjalin kerjasama dengan seorang partner di Italia dan Rusia.
Mampu bikin tas
wanita handmade, tapi bingung cara memasarkannya?
Kesuksesan kisah Java Ume hingga bisa sampai pada posisi saat
ini, tak bisa dibilang mudah. Mereka juga pernah berjuang guna menghadapi
permasalahan klasik industri kreatif baru, yaitu bidang pemasaran. Beberapa
trik di bawah ini mungkin bisa diterapkan:
•
Berikan sentuhan eksklusif. Produk lokal masih
sering dipandang remeh oleh sebagian orang. Terlebih bila produk tersebut masih
sangat baru. Oleh karena itu, sentuhan eksklusif ini penting. Misal dari bentuk
kemasan yang menarik dan unik.
•
Buka sistem pre-order. Sistem pre-order
memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan barang secara khusus kepada
pengrajin. Sistem ini juga banyak diterapkan oleh pelaku bisnis untuk lebih
mengenal lagi pelanggan mereka.
• Gunakan website. Website sebagai tempat
pemasaran produk, sudah menjadi kewajiban utama bagi setiap pengrajin masa kini
termasuk tas wanita. Untuk memiliki sebuah website atau toko online pun sudah
tak sesukar dulu. Di Indonesia sendiri, sudah banyak marketplace besar
bermunculan. Qlapa.com adalah salah satu diantaranya.
Ecommerce yang mendukung pengrajin tas wanita unik dan
handmade asli Indonesia
Qlapa merupakan situs marketplace online khusus untuk produk
handmade buatan para pengrajin asal Indonesia. Melalui situs tersebut, para
calon pembeli akan menemukan ribuan produk unik hasil karya anak bangsa. Termasuk
salah satu diantaranya adalah aneka model tas wanita berdesain elegan dan unik.
Sebutan rumah bagi produk
kerajinan tangan lokal terasa tak terlalu berlebihan. Pasalnya, semua
produk yang tampil di situs ini diambil langsung dari tangan pengrajin. Jadi,
harga yang ditawarkan pun akan sangat terjangkau. Kendati demikian, tak semua
barang bisa begitu saja tampil di dalam situs. Barang tersebut harus melalui
kurasi dengan standar tinggi terlebih dahulu untuk menjamin kualitasnya. Mulai
dari bahan, model, hingga orisinalitas merk. Situs ini juga menyediakan fitur
untuk kustomisasi barang sesuai keinginan pelanggan. Benar-benar serasa seperti
rumah produk kerajinan lokal bukan?
No comments:
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^